Mengembangkan bahan ajar jenis e-modul dengan berbantuan aplikasi prezi, meneliti kelayakan bahan ajar e-modul menulis teks eksplanasi, mengetahui respon peserta didk setelah menggunakan bahan ajar e-modul teks eksplanasi, hasil menulis teks eksplanasi dengan menggunakan bahan ajar e-modul
Pengembangan model pembelajaran yang dikembangkan lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konfesional siswa terdapat perbedaan yang signifikan
Proses pengembangan modul elektronik mengikuti alur penelitian dan pengembangan ADDIE. Kelayakan modul dan respons siswa baik untuk digunakan. Kemampuan menulis siswa pun menghasilkan rata-rata evaluasi yang baik.
Proses pengembangan bahan ajar materi teks eksplanasi dikatakan layak setelah melewati proses pengembangan 8 dari 10 tahap model Borg and Gall. Bahan ajar telah divalidasi oleh 3 validator dan mendapat kriteria sangat layak. Dari respons siswa, bahan ajar menggunakan linktree lebih mudah dipahami, menyenangkan, meningkatkan motivasi siswa mencapai indikator ketercapaian dalam pembelajaran teks …
Hasil Penelitian, hasil mwnulis siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media video interaktif mendapatkan nilai yang baik dengan nilai rata-rata 81 pada uji coba terbatas dan 83 pada ujikm coba luas.
Hasil akhir penelitian ini adalah sebuah bahan ajar LKPD materi menulis teks eksplanasi yang di kembangkan dan di validasi oleh 3 validator ahli, kemudian diuji cobakan pada uji coba luas dan uji terbatas dan menghasilkan repon yang baik dari pesera didik
Proses dan hasil pengembangan bahan ajar, respon siswa terhadap bahan ajar, kelayakan bahan ajar menulis teks eksplanasi, komunikasi siswa
Kemampuan siswa dikatakan baik, penggunaan metode picture and picture pada siswa kelas VIII dinyatakan berhasil, hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa sebanyak 6 orang dari siswa nilainya di atas KKM