Dari hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan menggunakan pendekatan problem based learning lebih baik daripada dengan menggunakan pembelajaran biasa. Pembelajaran menggunakan problem based learning sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan dimana siswa terlihat lebih aktif dan antusias …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem based learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran langsung. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes sebanyak 5 uraian dan data skor kemudian diolah dengan stat…
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP terhadap metode pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran matematika dengan pendekatan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Desain penelitian ini adalah eksperimen kelompok kontrol pre tes post test dengan menggunakan dua kelompok. Hasil penelitia…