Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matemtika self confidence siswa SMP. Bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan koneski matematik dengan menggunakan metode inquiry lebih baik dari yang pembelajarannya konvensional. Hasilnya adalah peningkatan kemampuan dari metode tersebut lebih baik daripada p…
Tujuan penelitian ini adalah menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan metode inkuiri terbimbing lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP yang menggunakan metode inkuiri lebih baik dan dapat dilaksanakan dengan…
Penelitian ini ditujukan untuk menelaah pendekatan terkini terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah serta motivasi belajar siswa SMP, serta asosiasi antara keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan inkuiri lebih baik daripada pembelajaran ekspositori. Namun tidak ada perbedaan dalam perbedaan motivasi belajar siswa pada kedua pembelajaran tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian dan peningkatak kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP melalui metode inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian maka siswa yang menggunakan metode inkuri terbimbing hasilnya lebih baik.