Kesimpulan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunkasi interpersonal siswa sebelum diberikan layanan dan sesudah diberikan layanan
Layanan bimbingan kelompok degan teknis diskusi kelompok cukup efektif untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa kelas IX SMPN 2 Batujajar dilihat dari hasil n-gain yaitu 56.58 C cukup efektif.
Layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan hasil uji paired, observasi, angket, dan wawancara.
layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan minat belajar efektif dilihat dari hasil uji paired, wawancara, angket dan observasi.
Guru BK dan peserta didik melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi berjalan baik dan sesuai apa yang sudah dirancang pada RPL dan program layanan tahunan guru Bk
prilaku membolos dapat di atasi dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, respon guru dan siswa serta faktor-fsktor kendala dalam layanan bimbingan kelompok,
bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik diskusi kelompok dapat digunakan untuk motivasi belajar siswa
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan perilaku siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dibandingkan sebelum diberikan layanan.
Layanan bimbingan kelompok menggunakan video call WhatsApp dengan teknik diskusi untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Cimahi dinyatakan efektif. Terjadi pemahaman perilaku setelah diberikan layanan menandakan terjadi peningkatan kecerdasan emosional siswa peran guru BK sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan teknik diskusi bimbingan kelompok bisa meningkatkan rasa percaya diri siswa