Kesimpulan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunkasi interpersonal siswa sebelum diberikan layanan dan sesudah diberikan layanan
Layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan hasil uji paired, observasi, angket, dan wawancara.
layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan minat belajar efektif dilihat dari hasil uji paired, wawancara, angket dan observasi.
Guru BK dan peserta didik melaksanakan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi berjalan baik dan sesuai apa yang sudah dirancang pada RPL dan program layanan tahunan guru Bk
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan perilaku siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dibandingkan sebelum diberikan layanan.
Layanan bimbingan kelompok menggunakan video call WhatsApp dengan teknik diskusi untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Cimahi dinyatakan efektif. Terjadi pemahaman perilaku setelah diberikan layanan menandakan terjadi peningkatan kecerdasan emosional siswa peran guru BK sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa.
Layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan self regulated learning