penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan pendekatan reciprocal teaching lebih baik daripada menggunakan pendekatan biasa.
Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan metode pembelajaran tersebut menunjukkan hasil yang lebih baik daripada pembelajaran biasarnrnÂ
abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan pendekatan reciprocal teaching serta untuk mengetahui implementasi pembelajaran dan kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tersebut berjalan dengan baik dan meningkatkan komunikasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi dan koneksi serta disposisi matematika yang pembelajarannya menggunakan reciprocal teaching. Metode RT meliputi kegiatan membaca bahan untuk diringkas, membuat pertanyaan, mengklasifikasi dan menyusun prediksi soal. Hasil penelitian menunjukkan hasilnya lebih baik.